hover { color: red; text-decoration: underline; cursor: hand; background-image:url(http://i27.tinypic.com/2626vyh.jpg)

Jumat, 13 Juli 2012

Tahukah Anda

Mengapa kalelawar Terbang Malam Tanpa Menabrak?
            Dalam asuatu penelitian ilmiah, seokar kalelawar dilepaskan dalam suatu ruang gelap yang telah dipasangi beberapa kawat sejajar dengan jarak antarkawat cukup dekat. Rekaman film menunjukkan bahwa kalelawar dapat terbang melalui sela-sela kawat tanpa menabrakkawat. Pengelihatan kalelawar tidaklah istimewa.jika kalelawar teerbang malam dengan mengandalkan pengelihatannya, maka ia akan menebrak dinding sama seringnya seperti kita.
            Kalelawar suka menangkap serangga pada malam hari sebagai santapan malamnya. Bagaimana kalelawar dapat terbang pada malam hari tanpa menabrak objek di sekitarnya dan juga menangkap serangga kecil? Kalelawar mengeluarkan bunyi ultrasonik teratur melalui mulut dan hidungnya. Gelombang bunyi ini bergema (dipantulkan)kembali, untuk memberikan gambaran benda-benda di sekitar kalelawar. Proses ini disebut echolokasi (echo artinya gema). Jadi, kalelawar menggunakan gema (bunyi pantulan) untuk menentukan keadaan sekitarnya dan sekaligus mencari mangsanya. Telinganya yang besar dan berbentuk anehmembantunya mengetahui dari mana datangnya gema.
            Beberapa kalelawar sangat terampil dalam menemukanobjek dengan echolokasi, sehingga dalam gelap pun kalelawar dapat mendeteksi kawat-kawatyang dipasang sejajar berdekatan dan dapat melewatinya tanpa menabrak.
            Saat ini sedang dilakukan percobaan untuk dapat meniru keahlian kalelawar yang dapat membedakan objek-objek disekitarnya dengan teliti untuk menciptakan system akurat pendeteksi ranjaulaut pada kapal penyapu ranjau.
            Bunyi dihasilkan oleh semua getaran, tetapi mengapa anda tidak dapat mendengar bunyi apapunketika lengan anda diayunkan maju-mundur secara teratur?faktanya, Anda menghasilkan bunyi tetapifrekuensinya sangat rendah (bunyi infrasonic) untudapat didengar oleh telinga anda.beberapa hewan dapat mendengar bunyi infrasonik, misalnya jangkrik. Gajah berkomunikasi satu sama yang lainnya juga dengan bunyi infrasonik. Gunung berapi dan gempa bumi memancarkan bunyi infrasonic. Bahkan, beberapa esin di pabrik bergetar pada frekuensi infrasonik.ini dapat membahayakan para pekerja yang terkena getaran-getarn ini untuk jangka waktu yang lam. Walaupun bunyi infrasonik ini tidak dapat didengar. Tetapi energy yang dibawa oleh gelombang dapat mengubah proses dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar